Selasa, 25 Juni 2019


C. Pengenalan Microsoft Office Word 2010

A. Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.
     1.  Group Clipboard
          Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
·   Paste               :  untuk menempelkan hasil copy atau cut.
·   Cut                  :  untuk memotong teks/objek terpilih.
·   Copy                :  untuk menggandakan teks/objek terpilih.
·  Format Painter :  digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
· Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.


     2.  Group Font
     3.  Group Paragraph
     4.  Group Styles
     5.  Group Editing

B. Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.

     Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah: (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols.

C. Tab Page Layout ini digunakam untuk menseting halaman dari lembar kerja tersebut.
1.    Group Themes
2.    Grup Page Setup
3.  Group Page Background
4.  Group Paragraph
5.  Group Arrange

D. Tab Reference terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of Authorities.
1.  Group Table of Conten     
2.  Grup Footnotes
3.  Grup Citations & Bibliography     
4. Grup Captions     
5. Grup Index

E. TAB MAILINGS
     1. Grup Create
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Create :
·         Envelopes :  Untuk membungkus kertas atau surat
·         Labels      :  Untuk memberikan label dalam penulisan surat


     2. Grup Start Mail Merge
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Start Mail Merge :
·         Start Mail Marge        :  Untuk pemilihan bentuk surat yang harus di tulis
·         Select Recipients        :  Untuk memilih tipe-tipe surat surat yang akan diterima
·         Edit Recipients List     :  Untuk mengedit surat yang akan diterima orang atau yang akan di kirim


     3. Grup Write & Insert Fields
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Write & Insert Fields :
·         Highlight Merge Fields   :  Untuk menggabungkan surat yang diterima dan yang dikirim
·         Address Block              :  Untuk pemilihan alamat surat
·         Greeting Line                :  Untuk menyisipkan 
·         Insert Marge Fields       :  Untuk menyisipkan dan menggabungkan surat
·         Write & Insert Fields     :  Untuk menyisipkan dan menulis surat
·         Rules                            :  Untuk memberikan garis dalam surat
·         Match Fields                 :  Membandingkan surat
·         Update Labels               :  Untuk memperbaharui label surat


     4. Grup Priview Result
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Priview Result :
·         Preview Results                     :           Untuk melihat atau mengulah surat yang sudah selesai dibuat
·         Find Recipient                :       Untuk mendapatkan atau memeskan orang yang menerima surat
·         Auto Check for Errors    :       Untuk ngecek apa ada kesalahan dalam surat kita

     5. Grup Finish
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Finish :
·         Finish & Merge           :  Untuk menyelesaikan dan menggabungkan

·         Finish                          :  Untuk menyelesaikan surat


F.  TAB REVIEW
     1. Grup Proofing
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Proofing :
·      Spelling & Grammar :  Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen
·      Research                  :  Untuk mengetahui data pengulangan
·      Thesaurus                :  Untuk mengecek ulang pembendaharaan
·      Word Count              :  Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,  karaktek, paragraf,                 dan baris

     2. Grup Language
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Language :
·      Translate :  Untuk menterjemahkan atau mentranslit data
·      Language   :                  menjalankan fasilitas penerjemah bahasa

     3. Grup Comments
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Comments :
·      New Comment   :          Untuk membuka lembar baru pada menyisipkan komentar
·      Delete             :  Untuk menghapus data
·      Previous          :  Untuk melihat ulang data yang lebih dahulu
·      Next               :  Untuk melanjutkan kerja


     4. Grup Tracking
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Tracking :
·      Track Changes            :           Menandai teks yang baru diubah sisinya
·      Final: Show Markup  :  Untuk menampilkan tanda finising atau selesai
·      Show Markup           :  Untuk menampilkan tanda atau menandai tampilan
·      Reviewing Pane        :  Untuk mengecek ulang tulisan

     5. Grup Changes
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Changes :
·         Accept   :  Untuk mengulang atau mengecek sapa yang menerima
·         Reject    :  Untuk mengulang atau melihat data apa yang telah di buang
·         Previous :  Untuk melihat ulang data yang lebih dahulu
·         Next      :  Untuk melanjutkan ke hal yang berikutnya

     6. Grup Compare
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Compare :
·         Compare  :  Untuk mengecek perbandingan atau untuk membandingkan data

     7. Grup Protect
         Fungsi-fungsi ikon pada Grup Protect :
·         Block Authors   :  Untuk pengulangan sapa yang Pemilihan penulis buku
·         Restrict Editing  :  Untuk mengedit lah yang terbatas

A. Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word 2010

Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word 2010 adalah sebagai berikut :
Tab File
Tab Home
Tab Insert
Tab Page Layout
Tab References
Tab Maillings
Tab Review
Tab View

B. Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 2010

Ribbon jika diartikan secara menyeluruh adalah bagian utama menu office word 2010 yang menampilkan beberapa menu akses cepet seperti Tabs menu, Groups Menu dan Command.

Namun jika kita artikan secara spesifik Ribbon adalah suatu kumpulan tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana kumpulan-kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa dari setiap tool-tool tersebut mempunyai fungsi kerja masing-masing dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam kategori ribbon adalah sebagai berikut
Tabs Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan berisi beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan berdasarkan tabs tertentu seperti Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
Groups - Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur perintah tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs menu pada Ribbon, seperti groups clipboard, group font dan group paragraph.
Commands - Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul dalam setiap kelompok seperti yang disebutkan di atas

C. Pengertian Title Bar Office Word 2010

Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word .
D. Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 2010 

Ruler atau penggaris merupakan tool yang bisa kalian gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual tanpa harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal ini ruler dibagi menjadi dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler vertikal.
Ruler horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering digunakan untuk mengatur margin dan tab stop. 
Ruler vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.

E. Pengertian Status Bar Di Office Word 2010

Status bar merupakan sebuah tampilan bar kecil yang memberikan informasi banyaknya jumlah suku kata didalam sebuah dokumen, meberikan informasi banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa yang kalian gunakan.

F. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File

Save - Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer
Save As - Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format lain seperti PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya
Open - Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office word 2010
Close - Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan
Info - Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat
Recent - Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian kerjakan sebelumnya
New - Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office word 2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design template dll.
Print - Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta kalian juga dapat mengatur setelan print out yang diinginkan
Save & Send - Untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian buat, salah satunya adalah langsung mengirimnya ke alamat email atau blog khusus
Help - Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di office word 2010
Options - Untuk melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010, seperti display, theme, font default dll.
Exit - Untuk keluar dari aplikasi word 2010

G. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab Home

Paste - Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah kalian salin di sumber lain
Cut - Untuk memotong tulisan atau gambar yang kalian seleksi di dalam dokumen
Copy - Untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen word
Font Style - Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang kalian inginkan
Bold (B) - Untuk membuat tulisan menjadi tebal
Italic (I) - Untuk membuat tulisan menjadi miring
Underline (U) - Untuk membuat tulisan bergaris bawah
abc - Untuk membuat tulisan coret
Superscript dan Subscripot X2  -  Untuk membuat pangkat pada tulisan seperti kuadrat, meter persegi, Kubik Dll. Untuk contoh penulisannya kalian bisa lhat .
Font Size - Untuk merubah ukuran tulisan
A Style - Untuk membuat style atau gaya pada tulisan
Highlight Text (ab) - Untuk memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen
Font Color (A) - Untuk merubah warna huruf atau tulisan di dalam dokumen
Align Lef t- Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kiri
Align Center - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata tengah
Align Right - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kanan
Align Justify - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi seimbang kanan dan kiri
Shading Color - Untuk merubah warna blok pada tulisan dokumen (background color).
Icon Tabel - Untuk membuat tabel secara manual
Bullets - Untuk membuat icon kecil disamping tulisan
Numbering - Untuk membuat nomor disamping tulisan
Multilevel List - Untuk membuat kombinasi list antara bullets dan numbering
Increase dan Decrease - Untuk menambahkan dan mengurangi lebar paragraf
Sort - Untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkan angka

H. Pembagian dan Fungsi Menu Pada Tab Insert

Cover Page - Untuk membuat cover halaman pada dokumen
Blank Page - Untuk menambah halaman baru pada dokumen yang sedang dikerjakan
Page Break - Untuk memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya, seperti ketika kalian akan membuat dua mode kertas yang berbeda didalam satu dokumen, contohnya bisa kalian lihat di .
Table - Untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen
Picture - Untuk menambahkan gambar dari galeri komputer
Clip Art - Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan dari word 2010
Shapes - Untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung, segitiga, kubus dll.
SmartArt - Untuk membuat smartart seperti diagram batang, circle proses dll.
Chart - Untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur lalu lintas
Screenshot - Untuk memasukkan hasil screenshot atau tangkapan layar di komputer secara cepat
Hyperlink - Untuk memasukkan link alamat website kedalam teks
Bookmark - Untuk menyimpan bagian dari dokumen yang kalian anggap penting
Header - Untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen kalian atau juga bisa dikatakan sebagai hak cipta kalian
Footer - Sama seperti header, namun letaknya berada dibawah dokumen 
Page Number - Untuk membuat nomor halaman pada dokumen
Text Box - Untuk membuat tek didalam kotak
Wordart - Untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya yang unik
Drop Cap - Untuk membuat tulisan seperti bentuk koran, dimana huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi besar
Equation - Untuk menambahkan simbol matematika  didalam dokumen
Symbol - Sama dengan fungsi Equation

I. Pembagian dan Fungsi Menu Pada tab Page Layout

Themes - Untuk membuat theme atau tema yang akan kalian gunakan
Margins - Untuk mengatur ukuran dari kertas yang akan kalian gunakan
Orientation - Untuk mengatur mode kerta, apakah portrait atau landscape
Size - Untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kalian gunakan
Column - Untuk menentukan mode kolom tulisan pada setiap halaman dokumen
Watermark - Untuk membuat gambar transparan pada halaman dokumen yang bisa disebut juga sebagai identitas asli dari dokumen yang kalian buat
Page Color - Untuk menentukan warna atau gambar yang akan kalian jadikan background
Page border - Untuk membuat bingkai halaman








Tidak ada komentar:

Posting Komentar